Pages

Rabu, 26 November 2008

1 HINDARI TIDUR DENGAN LAMPU MENYALA


Salah seorang ilmuan biologi, Joan Roberts, menemukan bahwa ketika hewan percobaannya diberi cahaya buatan pada malam hari, maka hormone melatoninnya menurun dan menyebabkan system kekebalan tubuhnya pun melemah. Tak hanya cahaya lampu, cahaya televisi pun menyebabkan turunya produksi kadar melatonin.
Melatonin adalah hormone yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang terletak pada salah satu bagian otak manusia. Fungsi hormone ini adalah mengatur hormone-hormon lainnya serta memelihara system pemeliharaan waktu biologis tubuh yang berperan sangat penting dalam menentukan waktu tidur dan kapan waktu bangun tidur.
Adanya hormone melatonin ini di dalam tubuh sangat mempengaruhi system kekebalan tubuh, mampengaruhi kinerja organ-organ reproduksi, kesehatan psikologis, dan proses penuaan tubuh.
Hormone melatonin memang sangat peka terhadap rangsangan cahaya. Saat malam tiba, reseptor melatonin diaktifkan akibatnya, aktifitas organ-organ akan berkurang dan bersiap-siap istirahat. Karena itulah, pada malam hari rasa kantuk dating. Dan menjelang pagi hari, produksi melatonin berangsur-angsur menurun, yang menyebabkan rasa kantuk hilang.
Melatonin telah terbukti dapat mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsigonik penyebab kanker denagn memberhentikan mekanisme pertumbuhan.
HEMAT ENERGI
Sebuah percobaan klinis juga membuktikan bahwa tikus yang diberi suplemen melatonin secara berkala memiliki kekebalan tubuh yang jauh lebih tinggi terhadap serangan tumor dibandingkan yang hanya diberikan melatonin sedikit atau tidak diberikan sama ksekali. Karena itulah, selain melindungi kesehatan tubuh dengan mematikan lampu saat tidur, kita juga sekaligus melakukan penghematan energy.
Posting : tribun timur, minggu 16 November 2008.

1 komentar:

waode nurmila mengatakan...

wah......
ternyata lebih baik matikan lampu saat tidur..
Mila sebelumnya g; tau alasan logisnya.. Tp, karena merasa lebih panas aja klo mau tidur trus lampunya nyala...

Makasih Inna..
Kunjungi blogku juga dong...
tapi, blogku kyaknya kebanyakn narsisny.. He,he,he...


www.odhemila.blogspot.com